Senin, 19 November 2012

BAB I
PENDAHULUAN

A.    LatarBelakang
Musik adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi-bunyian. Walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni. Mendengar musik pula adalah sejenis hiburan. Musik adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik.
Musik dikenal sejak kehadiran manusia modern Homo sapien yakni sekitar 180.000 hingga 100.000 tahun yang lalu. Tiada siapa tahu bila manusia mula mengenal seni dan musik. Dari penemuan arkeologi pada lokasi-lokasi seperti pada benua Afrika sekitar 180.000 tahun hingga 100.000 tahun dahulu telah menunjukkan perubahan evolusi dari pemikiran otak manusia. Dengan otak manusia yang lebih pintar dari hewan, mereka membuat pemburuan yang lebih terancang sehingga bisa memburu hewan yang besar. Dengan kemampuan otak ini, mereka bisa berpikir lebih jauh hingga di luar nalar dan mencapai imajinasi dan spiritual. Bahasa untuk berkomunikasi telah terbentuk di antara mereka. Dari bahasa dan ucapan sederhana untuk tanda bahaya dan memberikan nama-nama hewan, perlahan-lahan beberapa kosa kata muncul untuk menamakan benda dan nama panggilan untuk sesorang.

B.    TujuanPenulisan
 Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk mengetahui lebih jelas mengenai jenis-jenis alat musik yang ada di indonesia maupun luar negeri.


C.    Rumusan Masalah
1.    Apa yang di maksud alat musik yang berasal dari manusia?
2.    Apa saja yang termasuk alat musik pukul?
3.    Apa yang dimaksud alat musik pukul dan dibagi berapa jenis alat musik tersebut?
4.    Apa saja yang termasuk  jenis-jenis alat musik berdawai?
5.    Apa saja jenis-jenis alat musik keyboard tersebut?

D.    Sistematika Penulisan
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
B.    Tujuan penulisan
C.    Rumusan Masalah
D.    Sistematika Penulisan
BAB II PEMBAHASAN
A.    Alat Musik Yang Berasal Dari Manusia
B.    Alat Musik Pukul
C.    Alat Musik Tiup ( logam dan Kayu )
D.    Alat Musik Berdawai
E.    Alat Musik Keyboard
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan
B.    Saran
DAFTAR PUSTAKA

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Alat Musik Yang Berasal Dari Manusia
Alat musik yang berasal dari manusia disini adalah alat musik yang dihasilkan oleh organ tubuh manusia. Contohnya yaitu suara tepuk tangan, suara siulan dan hentakan kaki maupun suara yang dihasilkan dari mulut sendiri.

B.    Alat Musik Pukul
Alat musik jenis ini dapat menghasilkan suara ketika dipukul atau ditabuh. Jenis alat musik ini juga di bedakan menajadi dua yaitu bernada dan tidak bernada. Bentuk dan bahan bagian-bagian instrumen serta bentuk rongga getar, jika ada, akan menentukan suara yang dihasilkan instrumen. Contohnya:
a.    Gamelan adalah alat musik yang terbuat dari bahan logam, gamelan berasal dari daerah Jawa tengah, Yogyakarta, Jawa Timur juga di Jawa Barat disebut dengan Degung dan di Bali disebut Gamelan Bali. Satu perangkat gamelan terdiri dari instrumen saron, demung, gong, kenong, slentem, bonang, peking, gender dan beberapa instrumen lainnya.
Disamping itu gamelan mempunyai nada pentatonis/pentatonic.
b.     Kendang adalah sejenis alat musik perkusi yang membrannya berasal dari kulit hewan (kambing). Kendang atau gendang dapat dijumpai di banyak wilayah Indonesia. Di daerah Jawa Barat kendang mempunyai peranan penting dalam tarian Jaipong. Di Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali kendang selalu digunakan dalam permainan gamelan baik untuk mengiringi tarian, wayang dan ketoprak. Tifa adalah alat musik sejenis kendang yang dapat di jumpai di daerah Papua, Maluku dan Nias. Rebana adalah jenis alat musik yang biasa di gunakan dalam kesenian yang bernafaskan Islam. rebana dapat dijumpai hampir di sebagian wilayah Indones


C.     Alat Musik Tiup
Alat musik tiup adalah suatu alat musik yang mengandung suatu jenis penalun (resonator), biasanya suatu tabung, yang kolom udara di dalamnya digetarkan dengan cara meniup keatas melalui suatu tempat di ujung penalun. Titinada (pitch) getaran  ditentukan oleh panjang tabung dan modifikasi manual panjang efektif kolom getar udara.

Cara memperoleh nada:
•    Mengubah panjang kolom udara getar dengan mengubah panjang efektif tabung dengan menutup atau membuka lubang di sisi tabung.
Ini dapat dilakukan dengan menutup lubang dengan jari atau menekan suatu kunci yang akan menutup lubang. Metode ini digunakan oleh hampir semua alat musik tiup kayu (woodwind instrument).
•    Mengubah panjang kolom udara getar dengan mengubah panjang tabung melalui  pengaturan katup (lihat katup putar dan katup piston) yang dilewati udara melalu itabung tambahan sehingga meningkatkan panjang keseluruhan tabung, dan menurunkan titinada dasar. Metode ini digunakan oleh hampir semua alat musik logam (brass instrument).
•    Mengubah panjang kolom udara getar dengan memperpanjang tabung menggunakan mekanisme geser. Metode ini digunakan misalnya oleh trombon. Menggetarkan kolom udara pada berbagai harmoni tanpa mengubah panjang kolom udara.

Alat musik tiup dibagi menjadi dua kategori utama:
* Alat musik tiup logam (brasswind instrument)
* Alat musik tiup kayu (woodwind instrument)




A.    Alat musik tiup logam
1. Klarinet

Dua klarinet sopran: klarinet Bb (atas) dan klarinetA (bawah, tanpa mouthpiece). Keduanya menggunakan keywork

2. Oboe
 
Obo adalah alat musik double reed jenis woodwind. Ia adalah keturunan dari shawm. Kata "obo" berasal dari bahasa Perancis hautbois, berarti "high wood". Alat musik ini kadang-kadang masih disebut hautboy dalam bahasa Inggris. Seorang musikus yang memainkan obo disebutobois.
Dibandingkan dengan instrumen woodwind lainnya, obo memiliki suara yang jernih dan melengking. Suara obo dapat terdengar jelas dalam ansambel yang besar sehingga suaranya dapat dengan mudah didengar ketika tuning. Orkestra biasanya melakukan tuning dengan mendengarkan suara obo memainkan A concert (biasanya A440, tapi terkadang lebih tinggi). Obo di-pitch di C concert.







3. Saksofon
           

Saksofon adalah instrumen yang masih tergolong dalam keluarga brasswind. Saksofon biasanya terbuat dari logam dan dimainkan menggunakan single-reed seperti klarinet. Saksofon yang merupakan ciptaan dari Adolphesax pada tahun 1846, umumnya dihubungkan dengan popular music, big band music dan jazz, tapi awalnya ditujukan sebagai instrumen orkestra dan band militer.
Pada saat ini terdapat berbagai macam merk saksofon yang beredar di pasaran seperti; Selmer, Conn, Yamaha, Yanagisawa, L.A.Sax, Jupiter, Lincoln, La Fleur, Weril, Lark dan Subaru. Pemain  saksofon disebut saksofonis.
Beberapa nama pemain saksofonis Indonesia yang terkenal :Embong Rahardjo (alm), Didiek S.S.S, Paulus Cucuripet, Kenny Joe
Beberapa nama pemain saksofonis International Legendaris yang terkenal : Coleman Hawkins, Stanley Turrentine, Zoot Sims, Charlie Parker, Joe Henderson
Beberapa nama pemain saksofonis International masa kini yang terkenal : Kenny G, Dave Koz, Eric Marienthal, Richard Elliot, Sadao Watanabe, Kirk Whalum, Kenny  Garrett.


4. Flute
            

Flute adalah instrumen musik dari keluarga woodwind. Suara flute berkarakter lembut dan dapat dikombinasikan dengan instrumen lainnya dengan baik. Flute modern untuk profesional umumnya terbuat dari perak, emas atau kombinasi keduanya. Sedangkan flute untuk student umumnya terbuat dari nikel-perak, atau logam yang dilapisi perak.
Flute concert standar di-pitch di C dan mempunyai jangkauan nada 3 oktaf dimulai dari middle C. Akan tetapi, pada beberapa flute untuk profesional ada key tambahan untuk mencapai nada B di bawah middle C. Iniberarti flute merupakan salah satu instrumen orkestra yang tinggi, hanya piccolo yang lebih tinggi lagi dari flute. Piccolo adalah flute kecil yang di-pitch satu oktaf lebih tinggi dari flute concert standar. Piccolo juga umumnya digunakan dalam orkestra.
Beberapa orang mempercayai bahwa open-hole key mampu menghasilkan proyeksi suara yang lebih keras dan lebih jelas pada nada-nada rendah.Concert flute disebut juga Boehm flute, atau flute saja.

5. Terompet
     
Terompet adalah alat musik tiup logam.Terletak pada jajaran tertinggi di antara tuba, eufonium, trombon, sousafon, French horn, dan Bariton.
Terompet di-pitch di Bb. Terompet hanya memiliki tiga tombol, dan pemain trompet harus menyesuaikan embouchure untuk mendapatkan nada yang berbeda.
Jenis yang paling umum adalah trompet Bb, tapi trompet C, D, Eb, E, F, G dan A juga dapat ditemukan. Trompet C paling umum dipakai dalam orkestra Amerika, dengan bentuknya yang lebih kecil memberikan suara yang lebih cerah, dan hidup dibandingkan dengan trompet Bb.

6. Trombon
             
Trombon adalah alat musik tiup logam. Seperti pada alat musik tiup logam lainnya, suara dihasilkan dengan menggetarkan bibir.
Kata trombon diambil dari bahasa Itali tromba (terompet) dan -one (akhiran yang berarti besar), maka secara bahasa tulis arti trombon adalah "terompet besar". Karena memang secara ukuran trombon lebih besar dari pada terompet. Pemain trombon disebut trombonis.
B.    Alat Musik Tiup Kayu
Merupakan instrumen musik yang menghasilkan suara dari getaran pada celah sempit yang terdapat pada tepi instrumen saat ditiup oleh pemainnya. Kebanyakan instrumen musik ini dulu dibuat dari kayu, namun beberapa di antaranya, seperti saksofon dan hampir semua jenis flute, umumnya terbuat dari bahan lain seperti logam atau plastik.
Jenis instrumen musik tiup kayu
•    Reed tunggal, instrumen musik ini menggunakan sebuah reed-resonator penghasil suara, biasanya terbuat dari kayu tipis, rotan, ataupun plastik yang diikat pada mouthpiece khusus. Saat udara ditiupkan di antara reed dan mouthpiece, reed akan bergetar dan getaran itulah yang menghasilkan suara. Instrumen dengan reed tunggal di antaranya adalah klarinet dan saksofon.
•    Reed ganda, instrumen musik jenis reed ganda menggunakan dua buah reed yang menjepit satu sama lain, saat ditiup ke dua sisi tersebut akan menghasilkan getaran yang menimbulkan suara pada instrumen. Instrumen yang termasuk dalam kategori ini contohnya adalah oboe. Ada dua jenis sub kategori:
o    Double reed exposed, reed terletak pada bibir pemain. Termasuk ke dalam jenis instrumen musik ini adalah oboe, bassoon.
o    Double reed capped, reed diletakkan pada lubang dan ditutup dengan penutup khusus, Untuk memainkannya pemain meniupkan udara ke dalam lubang tersebut. Termasuk dalam jenis ini contohnya adalah jenis-jenis bagpipe, yaitu instrumen musik tradisional Inggris dan Skotlandia.
•    Flute, jenis instrumen musik ini menghasilkan suara saat udara ditiup pada sisi dari dari lubang khusus yang terdapat pada badan instrumen. Terdapat dua sub kategori pada jenis instrumen musik ini:
o    Open flute, kebanyakan jenis flute yang umum dikenal merupakan instrumen yang termasuk dalam kategori open flute. Saat dimainkan, bibir pemain membentuk suatu aliran udara pada sisi sehingga menimbulkan resonansi suara. Contoh yang paling mendekati dalama hal ini adalah cara yang umum dilakukan untuk menghasilkan bunyi saat meniup sebuah botol.
o    Closed flute, Saat instrumen ini dimainkan, udara yang ditiupkan oleh pemain akan dibentuk oleh instrumen dan mengarahkan pada celah khusus sehingga menghasilkan bunyi. Contoh jenis ini yang umum dikenal adalah peluit dan rekorder.




D.    Alat Musik Berdawai

 



Jenis Alat Musik Berdawai
1.    Biola
Merupakan alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara digesek.
Biola memiliki 4 senar yang terbuat dari usus kucing dan kawat.
Sedangkan alat geseknya terbuat dari tongkat yang lentur, dilengkapi dengan rambut kuda yang digosok dengan damar. Nada dasar dari biola adalah G, D, A, E, sedangkan pada biola alto adalah C, g, D, A.
2.    Cello/Violoncello
Bentuknya hampir menyerupai biola dengan ukuran yang lebih besar, cello mempunyai kaki/penompang yang cukup tinggi.Pemain cello umumnya memainkan cello dengan cara duduk di kursi untuk menjaga keseimbangan. Cello memiliki 4 dawai dengan nada dasar C, G, D, A.
Dan umumnya digunakan untuk mengiringi orkes atau untuk memperkaya melodi yang dihasilkan pada sebuah pertunjukan musik.
3.    Kontrabas
Merupakan jenis biola yang memiliki ukuran sangat besar, lebih besar dari cello. Pemain kontrabas memainkannya dengan cara berdiri atau duduk di kursi yang tinggi.
Memilliki 4 dawai yang diselaraskan dengan nada E, A, D, dan G.
4.    Harpa
Salah satu alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik. Harpa berbentuk segitiga dengan 45 senar dengan panjang yang bervariasi.
5.    Gitar
Merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik dengan 6 buah senar yang terbuat dari sutra halus atau nilon yang ditutupi dengan kawat perak halus.
6.    Mandolin
Memiliki bentuk seperti alat musiklut kecil (bentukpir) dengan 4 padang dawai yang tidak berbeda jauh dengan biola.Cara memainkannya dengan cara dipetik dengan menggunakan potongan tulang atau plektrum.
7.Banyo
Alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik dengan menggunakan jari atau plektrum. Dawai yang digunakan untuk alat musik ini dibuat dari logam atau usus.
E.    Alat Musik Keyboard
Jenis Keyboard Pada dasarnya keyboard terbagi menjadi 3 jenis menurut fungsinya, yakni :
1.1. Keyboard mono timbral( mono = satu, timbralatau timbre = suara), yaitu keyboard yang dalam satu kesempatan dapat menghasilkan satu macam suara instrumen saja walaupun keyboard tersebut memiliki banyak macam suara. Misalnya suara piano, flute, gitar, drum, dsb. Keyboard ini banyak digunakan pada kalangan profesional, misalnya pada band ataupun bisnis rekaman mengingat keyboard ini memiliki kwalitas serta warna suara yang bagus. Contoh produk keyboard synthesizer mono timbral seperti misalnya roland D 5, roland D 50, yamaha DX 7, dsb.
 

1.2. Keyboard Multi timbral (multi = banyak, timbral = suara), yaitu keyboard yang dalam satu kesempatan dapat menghasilkan lebih dari satu macam suara instrumen musik. Misalnya suara piano, gitar, flute, drum mampu berbunyi secara bersama-sama. Keyboard ini cocok untuk penggarapan aransemen. Keyboard ini banyak digunakan dalam kegiatan rekaman. Contoh produk keyboard multi timbral seperti misalnya yamaha SY 77, roland JV series, roland XP series. 


1.3. Keyboard Accompaniment (iringan), yakni keyboard untuk mengiri/ dimainkan secara langsung/ live. Keyboard ini termasuk keyboard multi timbral yang memungkinkan kita untuk memainkannya beberapa macam suara instrument musik secara langsung. Jenis keyboard ini yang paling banyak diminati karena selain efektif penggunaannya, harganyapun bervariasi. Keyboard jenis inilah yang akan banyak dipelajari dalam kesempatan ini. Contoh produk ini seperti misalnya roland E series, roland G series, yamaha PSR series, korg Pa series, korg I series, technic KN series, dsb.












BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Dari pemaparan diatas dapat kami simpulkan bahwa:
    Alat musik yang berasal dari manusia merupakan musik yang yang keluar dari anggota tubuh.
Alat musik pukul merupakan alat musik yang dapat menghasilkan suara ketika dipukul atau ditabuh. Jenis alat musik ini juga di bedakan menajadi dua yaitu bernada dan tidak bernada. Bentuk dan bahan bagian-bagian instrumen serta bentuk rongga getar, jika ada, akan menentukan suara yang dihasilkan instrumen. Contohnya: Gamelan dan Kendang
Alat musik tiup terbagi dua yaitu terbuat dari logam dan kayu.
Alat merupakan alat musik yang memiliki benang yang bisa menghasilkan suara contohnya, cello dan biola.
Pada dasarnya keyboard dibagi menjadi tiga yaitu, keyboard mono timbral, keyboard multi timbral dan keyboard accompainment.

B.    Saran
Adapun saran dari kami yaitu bahwa alat musik memiliki kegunaan yang berbeda-beda sehingga kita harus bisa memahami dulu seperti apa jenis alat musik tersebut agar saat kita belajar memainkannya, bisa memahami kegunaannya.



DAFTAR PUSTAKA

Reoci.(2008).macam-macam alat musik.[online].  Tersedia: reoci.blogspot.com/2008/04/macam-macam-alat-musik.
Crayonpodia.(2009).keyboard.[online].Tersedia:www.crayonpedia.org/mw/Bab5.keyboard.
Fadhli.(2009).contoh makalah jenis alat musik.[online].Tersedia:
    zfadli.edublogs.org/2009/02/13/contoh-makalah.













1 komentar: